Thursday, February 16, 2006

Hidup adalah UJIAN

Seluruh kehidupan adalah ujian.
kita akan diuji terus menerus dan Tuhan akan mengamati reaksi kita terhadap orang - orang disekitar kita, masalah - masalah yang kita hadapi, keberhasilan - keberhasilan yang kita raih, konflik - konflik yang kita alami, penyakit - penyakit yang kita dapatkan, kekecewaan - kekecewaan yang kita rasakan......bahkan Tuhan akan mengamati tindakan - tindakan kita yang sederhana, seperti saat kita tersenyum kepada penjaga pintu, saat kita mengucapkan terimakasih kepada tukang parkir, saat kita say hello kepada office boy.
Tuhan akan menguji kita melalui perubahan - perubahan besar, melalui janji - janji yang tertunda, melalui masalah - masalah yang sulit, melalui doa - doa yang tak terjawab, melalui kritikan - kritikan yang tidak layak kita terima atau bahkan melalui tragedi yang tidak masuk akal.

pernah ada yang bertanya, kenapa Tuhan membiarkan musibah terjadi kepada seseorang???
saat itu aku berpikir bahwa Tuhan melakukan itu bukan karena Dia tidak menyayangi atau Dia menghukum orang tersebut, tidak. Dia melakukannya karena Dia punya rencana besar di balik itu yang tidak dapat kita bayangkan. entah rencana itu untuk orang tersebut secara langsung atau pun untuk orang lain di sekitarnya.
suatu rencana yang menurut kita baik untuk kita, belum tentu itu akan menghasilkan kebaikan untuk orang - orang di sekitar kita.
setelah memahami bahwa hidup adalah ujian, aku memahami bahwa semua masalah, konflik, bencana ini hadir untuk menguji kita. Tuhan sedang mengamati reaksi kita atas hal - hal tersebut. Tuhan ingin mengetahui bagaimana kita bertindak ketika kita tidak bisa merasakan kehadiran Nya dalam hidup kita.
Tuhan membiarkan hal - hal tersebut terjadi dalam hidup kita untuk menguji kerakter kita, menunjukan kelemahan kita dan untuk mempersiapkan kita guna menghadapi sesuatu yang lebih besar.

dengan menyadari bahwa HIDUP adalah UJIAN, kita akan menyadari bahwa tidak ada hal yang tidak penting dalam hidup kita. bahkan kejadian terkecil pun memiliki arti yang penting bagi pengembangan karakter kita. setiap detik adalah kesempatan untk bertumbuh, memperdalam karakter, menunjukan kasih dan bergantung kepada Allah.

aku berharap melalui kejadian2 yg aku alami aku tetap dapat memuliakan Tuhan, entah melalui sikap ku, pemikiran ku, reaksiku kepada orang - orang. Dan supaya aku tidak hanya mengandalkan kemampuan ku, namun juga mengandalkan Tuhan dalam menghadapinya. bahkan untuk hal - hal yang aku tidak mampu mengatasinya, kepada Tuhan lah sepenuhnya aku bergantung.
banyak kejadian dalam hidupku aku gagal menjalani ujian itu, namun aku percaya Tuhan masih meberikan kesempatan bagi ku untuk mengulangi pembelajaran Nya supaya aku lulus saat ujian itu tiba.
satu hal yang aku yakini, Dia tidak penah membiarkan ujian - ujian yang kita hadapi itu melampaui kasih karunia yang Dia berikan.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home